Penuhi Undangan Bejamu Saman di Kampung Jabo, H.Said Sani Bertemu Dengan H.Ibnu Hasyim

ABDYANEWS

- Redaksi

Jumat, 23 Agustus 2024 - 22:29 WIB

6062 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GAYO LUES | Bakal Calon Bupati Gayo Lues H.Said Sani menghadiri acara Bejamu saman roa lo roa ingi di Kampung  Jabo Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues, Sabtu, (24/08/2024).

Usai Memenuhi Acara di Kampung Pasir Kecamatan Tripe Jaya H.Said Sani bertemu dengan Wakil  Ketua DPRK Gayo Lues di Kampung Jabo.  Pantauan Awak media H.Said Sani duduk berdampingan dengan Wakil Ketua DPRK Gayo Lues H. Ibnu Hasyim, H,Said Sani mengenakan Kemeja dan Kain Sarung dileher, dan H.Ibnu Hasyim Mengenakan Jaket berwarta Hitam.

H.Said Sani mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bejamu saman roa lo roa ingi di Desa Jabo Kecamatan Terangun. Semoga seluruh rangkaian kegiatan ini mendapat berakah untuk masyarakat Kampung Jabo, ujarnya.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat dikonfirmasi H.Said Sani yang juga mantan Wakil Bupati Gayo Lues memohon dukungan kepada masyarakat bahwa dirinya juga akan mengikuti kontestasi Pilkada di Kabupaten Gayo Lues.  Saya mohon doa restu, saya juga akan menjadi salah satu kontestan maju sebagai Calon Bupati Gayo Lues periode 2024-2029.

H.Said Sani juga mengatakan bahwa kegiatan bejamu saman roa lo roa ingi merupakan salah satu seni budaya tradisional di Kabupaten Gayo Lues yang diminati oleh masyarakat. Kita sama-sama ketahui, bahwa Bejamu Saman ini salah satu seni budaya Gayo Lues. Oleh karena itu saya mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Masyarakat Kampung Jabo Kecamatan Terangun, kata H.Said Sani.

Menurut H.Said Sani, Acara Bejamu Saman ini ini adalah salah satu kegiatan untuk melestarikan budaya Gayo Lues, karena Tradisi Bejamu Saman adalah pergelaran Saman selama dua hari dua malam (roa lo roa ingi) di mana ada dua kampung yang tampil bersama dan berbagi peran dengan bertindak sebagai tuan rumah dan tamu. Hal yang menarik dari Bejamu Saman adalah karena setiap anggota grup penampil tamu akan tinggal sebagai saudara (serinen) di rumah masing-masing anggota grup penampil tuan rumah. Persaudaraan antara dua pesaman melalui Bejamu Saman umumnya bahkan berlanjut hingga melampaui acara pertunjukan, yakni dalam kehidupan nyata, bahkan hingga ke anak-cucu mereka, sebutnya.

H.Said Sani menambahkan, Tari Saman Mendapat  pengakuan dari United United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco), yang secara resmi menyatakan bahwa Tari Saman  merupakan warisan budaya asli dari Tanah gayo, adalah suatu hal yang istimewa.

Unesco merupakan lembaga resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dikenal sangat berhati-hati dalam memberi pengakuan terhadap sebuah cagar budaya.  Ada banyak negara yang mengajukan permohonan kepada Unesco untuk mendapatkan pengakuan atas warisan budaya mereka, tapi Unesco tidak sembarangan memberi pengakuan tersebut. Mereka harus menelusuri asal usul budaya itu, keasliannya, keunikannya serta nilai-nilai sejarah yang ada di dalamnya,” terang H.Said Sani.

Tari Saman yang merupakan  tarian rakyat dari Tanah Gayo mendapat pengakuan dari Unesco untuk warisan budaya kategori tak benda, Pengakuan Unesco untuk Tari Saman ini disampaikan dalam sebuah pertemuan di Bali pada 24 November 2011, jelasnya. (TIM MEDIA)

Berita Terkait

Pasangan “GAESSS” Ingin Gayo Lues Islami, Maju, Sejahtera Dan Berkeadilan
Warga Kenyaran Lapor Pak Dewan, Akibat Kebun Tergerus Aliran Sungai
Besok Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati “SAID SANI-SAINI” Paparkan Visi dan Misi
Jelang Pendaftaran, H.Said Sani Minta Do’a Restu Kepada Seluruh Lapisan Masyarakat Gayo Lues
H.Said Sani Muzakarah Bersama Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) di Kampung Agusen
Minta Doa Restu Maju Pilkada Gayo Lues, H.Said Sani-Saini Silaturahmi Dengan Tokoh Masyarakat Peparik Gaib
Babinsa Berikan Materi Wadbang Kepada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Rikit Gaib
Momen Silaturahmi H.Said Sani dan Saini Saat Mmengunjungi H.Bahrun Porang

Berita Terkait

Sabtu, 14 September 2024 - 23:14 WIB

Kenalkan Kehidupan Kampus, Ribuan Mahasiswa Baru USM Ikuti PKKMB 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 - 09:47 WIB

Fenomena Lunturnya Partisipasi Rakyat Terhadap Negara di HUT RI Ke-79 Sangat Jelas Terlihat

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:00 WIB

Kuliah Singkat Jadi Sarjana, USM Buka Jalur RPL dengan 13 Prodi Unggulan

Minggu, 9 Juni 2024 - 01:46 WIB

Syahbudin Padang Meminta,Periksa Itu LPJ nya, Mana Tau Sudah Selesai Dibuat Tapi Kerjaan Mangkrak. Inspektorat kemana kalian, cek itu LPJ DAK Fisik Pendidikan 2023.

Sabtu, 8 Juni 2024 - 03:53 WIB

Terima Kasih Koordinator Beasiswa KIP-K USM Dalam Mewujudkan Impian Anak Pulau

Minggu, 2 Juni 2024 - 10:28 WIB

TOP! 24 Dosen USM Aceh Berhasil Dapat Dana Hibah Penelitian Dari Kemendikbudristek RI

Senin, 20 Mei 2024 - 00:13 WIB

Ini Tema Kunker BEM FMIPA Dan BEM FKIP USK, Saat HUAL Kemahasiswaan Memperkuat Departemen

Sabtu, 11 Mei 2024 - 17:38 WIB

“PTN” Bukan Segalanya

Berita Terbaru

NAGAN RAYA

Pemkab Nagan Raya Ikuti Evaluasi SPBE Tahun 2024

Senin, 30 Sep 2024 - 09:51 WIB