Dinas Pendidikan Simeulue Latih 96 Guru SD Menyusun Soal AKM

ABDYANEWS

- Redaksi

Minggu, 7 Juli 2024 - 16:11 WIB

6042 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Simeulue—Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue memberikan lokakarya pembelajaran efektif dan teknik menyusun soral setara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kepada guru-guru sekolah dasar di kabupaten tersebut. Kegiatan pembukaan berlangsung di aula Dinas Pendidikan Simeulue, Ahad (7/7/2024).

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari (7-10 Juli 2024) yang menghadirkan narasumber para dosen dari Universitas Syiah Kuala dan IAIN Cot Kala Langsa.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Dinul Fahmi. Dalam paparannya, Fahmi menyampaikan ada 96 guru SD dari berbagai kecamatan yang mengikuti lokakarya tersebut. Ia mengharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan itu secara maksimal.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Narasumber sudah jauh-jauh datang dari ibukota provinsi. Saya harap Bapak Ibu jangan sia-siakan kesempatan ini. Belajarlah dengan sungguh-sungguh agar siswa-siswa di Simeulue mampu bersaing dengan siswa-siswa di daerah lain,” ujarnya.

Setelah selesai kegiatan seremonial pembukaan, seluruh peserta diarahkan ke SD Negeri 7 Simeulue Timur. Di sana para guru dibagi menjadi empat kelas, yang masing-masing kelas berisi 24 peserta dan setiap kelas dibimbing oleh satu orang narasumber.

Adapun para narasumber yang mengisi loka karya tersebut adalah Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USK, Dr. Drs. Denni Iskandar, M.Pd.; Ketua Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) Provinsi Aceh, Herman RN, Sekretaris UPT Mata Kuliah Wajib Umum (MWU) USK, Subhayni, S.Pd., M.Pd., dan Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Cot Kala Langsa, Dr. Marzuki.

Salah seorang narasumber, Denni Iskandar, mengatakan program lokakarya penyusunan soal AKM bagi guru-guru merupakan program hebat dan tepat di masa kini. Menurutnya, semua sekolah di kabupaten/kota lain juga harus melakukan hal yang sama.

“Kita tahu kebijakan Kemendikbud dengan Kurikulum Merdeka. Ujian Nasional diganti dengan Asesmen Nasional yang induknya adalah Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM. Guru-guru di setiap sekolah perlu diberi pelatihan menyusun soal setara AKM agar siswa-siswanya dapat belajar sesuai dengan kehendak AKM,” ucapnya.

Oleh karena itu, menurut Denni, lokakarya yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue ini patut diapresiasi dan dicontoh oleh kabupaten/kota lain di Aceh.

“Kita apresiasi Dinas Pendidikan Simeulue. Setelah selesai pelatihan untuk 96 guru SD ini nanti akan dilanjutkan untuk guru-guru SMP. Artinya, Simeulue benar-benar ingin meningkatkan kualitasi guru-guru dan siswa di daerah ini,” tegas Denni Iskandar.[]

Berita Terkait

Keluhkan Minim Perhatian Dan Infrastruktur Desa Di Simalungun, Para Pelaku UMKM Rela Rogoh Kocek Untuk Undang Anton – Benny
Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Jawa Gelar Tatap Muka dengan Petani Sawit di Simalungun
Pisah Sambut Pejabat Polres Simalungun Berlangsung Khidmat di Aula Andar Siahaan
Polres Simalungun Grebek Kampung Narkoba, Dua Orang Diamankan dan Barang Bukti Narkotika Disita
Kapolres Simalungun Pimpin Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-78, Berlangsung Khidmat

Berita Terkait

Sabtu, 14 September 2024 - 23:14 WIB

Kenalkan Kehidupan Kampus, Ribuan Mahasiswa Baru USM Ikuti PKKMB 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 - 09:47 WIB

Fenomena Lunturnya Partisipasi Rakyat Terhadap Negara di HUT RI Ke-79 Sangat Jelas Terlihat

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:00 WIB

Kuliah Singkat Jadi Sarjana, USM Buka Jalur RPL dengan 13 Prodi Unggulan

Minggu, 9 Juni 2024 - 01:46 WIB

Syahbudin Padang Meminta,Periksa Itu LPJ nya, Mana Tau Sudah Selesai Dibuat Tapi Kerjaan Mangkrak. Inspektorat kemana kalian, cek itu LPJ DAK Fisik Pendidikan 2023.

Sabtu, 8 Juni 2024 - 03:53 WIB

Terima Kasih Koordinator Beasiswa KIP-K USM Dalam Mewujudkan Impian Anak Pulau

Minggu, 2 Juni 2024 - 10:28 WIB

TOP! 24 Dosen USM Aceh Berhasil Dapat Dana Hibah Penelitian Dari Kemendikbudristek RI

Senin, 20 Mei 2024 - 00:13 WIB

Ini Tema Kunker BEM FMIPA Dan BEM FKIP USK, Saat HUAL Kemahasiswaan Memperkuat Departemen

Sabtu, 11 Mei 2024 - 17:38 WIB

“PTN” Bukan Segalanya

Berita Terbaru

NAGAN RAYA

Pemkab Nagan Raya Ikuti Evaluasi SPBE Tahun 2024

Senin, 30 Sep 2024 - 09:51 WIB